Beranda > Umum > PORBI Pagaralam Berburu Babi di Talang Padang

PORBI Pagaralam Berburu Babi di Talang Padang

28 Desember 2010

HAMA babi merupakan salah satu musuh para petani di bumi Saling Keruani

BERBURU – Tampak beberapa orang personil PORBI bersama anjing jagonya sebelum turun berburu babi di Desa Lubuk Buntak, Kecamatan Talang Padang, pekan lalu.

Sangi Kerawati. Tak jarang pertanian warga mengalami gagal panen, lantaran tanaman mereka habis dimakan dan dirusak oleh hama babi.

Untuk memberantas hama babi, berbagai macam cara telah dilakukan petani. Mulai dengan cara memasang perangkap babi, menebar racun serta berburu babi dengan bantuan anjing peliharaan. Tidak semua hama babi bisa diberantas, namun setidaknya dapat mengurangi jumlah hama babi yang bakal merusak tanaman petani.

Selama empat pekan lalu, ratusan anjing yang telah terlatih milik para anggota Persatuan Olahraga Berburu Babi (PORBI) Pagaralam, datang memenuhi undangan salah satu tokoh masyarakat Desa Lubuk Buntak, Kecamatan Talang Padang. Sedikitnya 200 orang anggota PORBI Pagaralam yang melengkapi diri dengan anjing jagoannya, melakukan aksi berburu babi di kawasan pertanian warga Desa Lubuk Buntak.

Lebih kurang 250 ekor anjing kita bawa untuk berburu babi disini (Lubuk Buntak,red). Jumlah anjing lebih banyak dari jumlah anggota PORBI karena ada diantaranya satu orang membawa dua ekor anjing,’’ ungkap Saparudin, Ketua PORBI Pagaralam saat ditemui di sela-sela berburu babi pekan lalu.

Menurut Saparuddin, dalam sekali turun berburu di kawasan hutan Desa Lubuk Buntak, puluhan babi telah berhasil dilumpuhkan oleh anjing jago mereka. ‘’Di Desa Lubuk Buntak termasuk cukup banyak babi, masih di pinggiran desa saja kita sudah mendapatkan lebih dari 20 ekor babi, apalagi setelah masuk ke dalam hutan,’’ ujarnya.

Kegiatan berburu babi, menurut Saparudin, sudah menjadi hobby yang melekat pada diri seluruh anggota PORBI yang dipimpinnya. Karena itu, secara rutin setiap minggu mereka melakukan kegiatan berburu babi di kawasan hutan yang dianggap masih banyak berkeliaran hama babi yang merusak tanaman tersebut.

Terlebih bila mereka mendapat undangan ataupun permintaan dari warga terutama para petani. ‘’Kami sangat senang sekali kalau ada yang mengundang kami untuk berburu. Warga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar kami, karena kami berburu babi memang sudah menjadi hobby,’’ ungkapnya.

Saparudin mengatakan, meski mereka tergabung dalam wadah PORBI Pagaralam, namun bila warga Empat Lawang butuh bantuan berburu babi mareka selalu siap untuk terjun dimanapun diminta. ‘’Warga Empat Lawang jangan segan-segan kalau butuh bantuan kami untuk berburu kami akan turun,’’ jelasnya, seraya menambahkan tujuan utama berburu babi yang mereka lakukan tiada lain demi untuk membantu para petani mengatasi serangan hama babi.

Sementara itu, Kanduk, salah seorang tokoh masyarakat Lubuk Buntak menyatakan rasa terima kasihnya kepada PORBI Pagaralam yang telah meluangkan waktunya untuk berburu babi di desa mereka. ‘’Kami sangat berterima kasih sekali karena dengan adanya kegiatan berburu ini kita harapkan hama babi yang selama ini menghantui petani akan sedikit teratasi. Dengan demikian hasil panen petani akan terus meningkat,’’ ujarnya.(*)

Penulis : Syamsul Fikri/Empat Lawang Express (081373316333)

About these ads
Kategori:Umum
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: