Beranda > EMPAT LAWANG > Pemkab Bakal Bangun Pabrik Pakan Ternak

Pemkab Bakal Bangun Pabrik Pakan Ternak

10 Maret 2009

EMPAT LAWANG – Melimpahnya produksi jagung di Kabupaten Empat Lawang membuat pemerintah kabupaten Empat Lawang merencanakan pembangunan pabrik pakan ternak. Bahan baku pakan ternak ini sendiri adalah jagung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Empat Lawang Drs ngNadjamuddin Zaheir MM beberapa waktu lalu, mengatakan Empat Lawang merupakan kabupaten yang kaya akan hasil perkebunan salah satunya jagung.

Hasil produksi jagung terbesar banyak terdapat di Kecamatan Muara Pinang. “Kabupaten Empat Lawang mempunyai hasil perkebunan jagung yang cukup melimpah dan jagung Empat Lawang juga mempunyai kualitas nomor satu pada tahun 2008,” kata Najamuddin.

Dikatakannya,  melimpahnya jagung tersebut akan dimanfaatkan untuk membuat industri lain yang bermanfaat seperti pakan ternak tadi. Sehingga Empat Lawang dapat mencukupi pakan ternak untuk kebutuhan sendiri. 

”Kita buat pakan ternak dari jagung dicampur dengan dedak dan kepala ikan teri lalu kemudian diproses,” jelasnya.

Pembangunan pabrik ini, katanya membutuhkan biaya yang cukup besar, dan diperlukan investasi-investasi yang cukup besar untuk membuat pabrik makanan ternak ini. “Insya Allah pakan ternak ini akan dianggarkan pada tahun 2010 nanti,” ungkap Nadjamuddin.

Masih menurut Nadjamuddin, juga perlu dipersiapkan rencana pemasaran, agar pakan ternak ini bisa dijual juga ke daerah-daerah lain di luar Empat Lawang. “Bukan hanya bahan untuk pakan ternak saja jagungEmpat Lawang, nanti kita akan memproses jagung tersebut menjadi keripik jagung, jadi bukan hanya pisang, kentang dan ubi saja yang bisa dibuat keripik, tetapi jagung akan kita sulap menjadi keripik,” pungkas mantan Plt Sekda ini.

Panen Raya

Sementara itu Camat Muara Pinang, Amir Husin mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya merencanakan akan melakukan panen perdana jagung. ’’Saat ini kita sedang merencanakan untuk melakukan panen perdana jagung, karena tidak berapa lama lagi tanaman jagung masyarakat sudah mulai panen,’’ ujarnya.(sf)

Ditulis Oleh: Syamsul Fikri/Empat Lawang Expres (0812-78426323)

Kategori:EMPAT LAWANG
%d blogger menyukai ini: