Beranda > EMPAT LAWANG > Lempok, Juara Lomba Makanan Khas Sumsel

Lempok, Juara Lomba Makanan Khas Sumsel

17 November 2009

MASYRAKAT Empat Lawang patut berbangga, salah satu makanan khas kabupaten termuda di Sumatera Selatan (Sumsel) ini, berhasil menjadi yang terbaik pada ajang perlombaan makanan khas se-Sumsel beberapa waktu lalu.

Lempok, yang dikelola dan dikombinasikan dengan aneka bahan baku lainnya, dibuat sedemikian rupa hingga menjadi makanan siap saji serta memberikan kenikmatan  tersendiri untuk di makan. Namun, ciri khas dari lempok tersebut tetap dikedepankan untuk memberikan bukti bahwa bahan baku dari makanan yang disajikan terbuat dari lempok yang menggunakan buah durian pilihan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Thamrin Muis, melalui Kabid Industri Tukimin mengatakan, salah satu makanan khas dari Kabupaten Empat Lawang, berhasil menjadi juara pertama pada ajang perlombaan makanan khas se-Sumsel beberapa waktu lalu, di Palembang.

“Ada beberapa jenis makanan khas Empat Lawang yang ikut di lombakan, namun hanya Lempok, yang merupakan hasil karya dari salah satu Masyarakat Tebing Tinggi, menjadi yang terbaik pada ajang tersebut,” ungkap Tukimin, Rabu, (4/11) lalu.

Dijelaskannya, perlombaan pangan tradisional yang diikuti oleh 16 kabupaten/kota se-Sumsel tersebut, juga di bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi budaya Kabupaten Empat Lawang terhadap daerah lainnya di Sumsel. “Kita tetap memberikan pembinaan terhadap industri kecil menengah, sebagai langkah mempertahankan ciri khas daerah Empat Lawang. Ajang perlombaan pangan tradisional tersebut, bisa kita masnfaatkan untuk promosi ciri khas daerah kita terhadap daerah lainnya di Sumsel,” ujarnya.

Selain itu, Tukimin juga menjelaskan, pembinaan terhadap industri kecil menengah, merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mendukung program yang di canangkan Tim Penggerak (TP) PKK Empat Lawang. “Keberhasilan ini semua tidak terlepas dari dukungan dan pembinaan dari Ketua TP PKK Empat Lawang, Ny Hj Suzana Budi Antoni. Kita juga wajib memberikan dukungan terhadap kemajuan yang sudah ada ini,” jelasnya.(*)

Diterbitkan: Empat Lawang Expres (081373316333)

Kategori:EMPAT LAWANG
%d blogger menyukai ini: