Beranda > EMPAT LAWANG > Jalan Lingkar Segera Difungsikan

Jalan Lingkar Segera Difungsikan

25 Januari 2010

TEBING TINGGI – Pembangunan jalan lingkar yang menghubungkan Kelurahan Sekip dan Talang Gunung, saat ini telah selesai dikerjakan. Karena itu, dalam waktu dekat jalan sepanjang 6 Km tersebut akan segera difungsikan.

Semua jenis kendaraan baik pribadi, angkutan pedesaan (Angdes), dan truk kecil yang selama ini melintasi pasar Tebing Tinggi, akan dialihkan melintasi jalan lingkar Talang Gunung. Sementara untuk jenis angkutan besar seperti fuso dan bus AKAP, masih belum diberlakukan untuk melintasi jalan tersebut.

Sebelum memfungsikan jalan lingkar tersebut, saat ini pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Empat Lawang bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan aparat kepolisian, telah melakukan berbagai persiapan, seperti mensosialisasikan rencana pemindahan rute angkutan. Pemindahan rute angkutan ini diharapkan akan mengurangi kesemerawutan arus lalu lintas di Pasar Tebing Tinggi.

‘’Kita masih melakukan berbagai persiapan dan dalam waktu dekat jalan lingkar akan segera kita fungsikan,’’ ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Empat Lawang H Pik Malil Anwan, saat dibincangi Empat Lawang Expres, beberapa hari lalu.

Menurut Pik Malil, pemindahan jalur ini awalnya akan diberlakukaan bagi mobil pribadi, angkot, angdes dan truk-truk kecil. Sedangkan untuk bus AKAP dan Truk Fuso belum diperbolehkan melewati jalan tersebut. Hal ini dikarenakan jalur tersebut masih ada kultur jalan yang tidak mengizinkan bagi kendaraan berat.

“Awalnya, hanya kendaraan kecil akan dipindah jalurnya ke jalan lingkar. Untuk bus dan fuso belum diberlakukan, karena jalan tersebut masih rawan kecelakaan untuk kendaraan berat misalnya pengerasan jalan belum selesai  total dan ada empat titik tanjakan yang berbahaya,” ujar Pik Malil, seraya mengatakan kalau pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas PU dan kepolisian dalam memberi rambu-rambu untuk keamanan dan kenyamanan bagi pengendara pengguna jalan.(*)

Ditulis: Empat Lawang Expres (081373316333)

Kategori:EMPAT LAWANG
%d blogger menyukai ini: