Beranda > Umum > Jatah CPNS Empat Lawang Terbanyak

Jatah CPNS Empat Lawang Terbanyak

10 Agustus 2010

Jatah Sumsel Capai 3.427 Orang

PALEMBANG, 4LE – Kabar menggembirakan bagi masyarakat di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) September 2010 mendatang, Kabupaten Empat Lawang, mendapat kuota terbanyak disbanding kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Dari kuota dan formasi Sumsel yang berjumlah 3.427 orang, Kabupaten Empat Lawang akan menerima CPNS sebanyak 266 orang. CPNS yang akan diterima terbagi tiga formasi, masing-masing guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

‘’Berdasarkan rekapitulasi persetujuan prinsip formasi CPNSD tahun 2010, kabupaten yang paling banyak menerima CPNS adalah Empat Lawang, sementara Kota Palembang tidak menerima CPNS baru,’’ demikian diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel H Muzakir, pekan lalu.

Menurut Muzakir, saat ini berkas penerimaan CPNS untuk formasi 2010 telah disampaikan kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Men PAN) untuk disetujui. Jika semua formasi yang diajukan disetujui, dipastikan September 2010, seleksi penerimaan CPNS akan dilakukan “Formasi sudah disampaikan, tinggal menunggu persetujuan. Kalau sudah disetujui Meneg PAN, September kita akan lakukan seleksi penerimaan CPNS formasi 2010,” kata Muzakir seusai rapat bersama BKD kabupaten dan kota di ruang rapat BKD Sumsel,’’ ujarnya.

Lebih jauh Muzakir menjelaskan, kuota dan formasi sebanyak 3.427 orang tersebut terdiri atas Pemprov Sumsel sebanyak 157 orang, OKU 239 orang, Lubuklinggau 242 orang, Prabumulih 246 orang, Banyuasin 213 orang,OKU Selatan 208 orang, Lahat 204 orang, Musi Banyuasin 246 orang,Ogan Ilir 243 orang,OKU Timur 213 orang, Pagaralam 241 orang, Empat Lawang 266 orang, Musi Rawas 257 orang,Muara Enim 240 orang, dan OKI sebanyak 212 orang.

“Jumlah CPNS yang diterima terbagi dalam tiga formasi, yaitu guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Sementara,Kota Palembang pada tahun ini tidak menerima CPNS,” jelasnya.

Dikatakannya, sistem ujian atau tes CPNS tahu ini akan sama seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, melalui empat tahap, yaitu administrasi, tertulis, kesehatan, dan wawancara. “Dengan proses penyaringan yang ketat, diharapkan akan dihasilkan CPNS yang berkualitas dan andal untuk mendukung kinerja pemerintahan,” harapnya.

Untuk pendaftaran CPNS pada 2010, Muzakir mengatakan, setiap kabupaten dan kota sudah wajib menggunakan sistem online. Jadi, kesalahan administrasi pada saat penerimaan, kecurangan, hingga pengeluaran biaya yang sangat banyak dapat diminimalisasi. “Pada 2009, penerimaan CPNS melalui sistem online baru beberapa daerah, yaitu Pemprov Sumsel, Palembang, OKU Timur, Ogan Ilir, dan Banyuasin. Sementara, daerah lain belum menerapkan sistem online. Hasilnya memang penerimaan melalui sistem online lebih baik dan tidak terjadi kesalahan. Sementara, banyak kesalahan terjadi melalui manual sehingga sistem administrasi kerap kacau. Untuk itu, diharapkan pada 2010, semua daerah harus menggunakan sistem online,” tuturnya.

Muzakir mengatakan, pada tahun ini hampir dipastikan seluruh kabupaten dan kota dapat menerapkan sistem pendaftaran online karena sudah siap. “Saya rasa kabupaten dan kota tidak masalah lagi dengan sistem online ini. Kita akan bekerja sama dengan PPJKA UNSRI. Jadi, kita pastikan 2010 ini seluruh kabupaten dan kota pendaftarannya sistem online,” ungkapnya.

Dia mengingatkan setiap daerah wajib melaporkan semua masalah dan kejadian mengenai penerimaan CPNS. “Selama ini BKD kabupaten dan kota tidak pernah melakukan koordinasi penerimaan CPNS. Akibatnya, kita tidak mengetahui berapa jumlah penerimaan. Untuk itu, mulai tahun ini koordinasi sifatnya wajib,” tandasnya.(*)

Ditulis oleh : Syamsul Fikri (081373316333)

About these ads
Kategori:Umum
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: