Beranda > SUMATERA SELATAN > H-3 Telah Terjadi 12 Kasus Kecelakaan

H-3 Telah Terjadi 12 Kasus Kecelakaan

28 Agustus 2011
DIREKTUR Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumsel Kombes Pol Firman Shantyabudi mengungkapkan, hingga H-3 Lebaran hari raya Idul Fitri 1432 Hijriah, tercatat sudah terjadi 12 kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi di wilayah hukum Polda Sumsel.
”Yang meninggal empat orang. Tapi, yang tewas lakalantas itu bukan pemudik, melainkan warga lokal,” ungkap Firman di sela-sela mendampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Dikdik Mulyana Arif Mansyur meninjau aktivitas jalur mudik di Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) kemarin.
Selain korban tewas, ada juga tujuh korban menderita luka berat dan luka ringan enam orang. Sementara, pelanggaran lalu lintas sebanyak 275 pelanggar. ”Kalau kriminalitasnya hanya tiga kasus, terdiri dari tiga kasus curas dan dua curat. Mudah-mudahan untuk kasus laka dan kasus- kasus lainnya tidak bertambah lagi,” ujarnya.
Terakhir, Firman mengimbau para pemudik tetap mematuhi peraturan lalu lintas, mengecek kendaraan yang digunakan, serta menjaga kondisi fisik saat membawa kendaraan. ”Kalau butuh bantuan segera berhenti atau menghubungi pos polisi terdekat. Petugas akan memberikan pelayan dan bantuan terbaik,” katanya.
Sementara itu dari hasil pantauan di Jalinteng Palembang–Jambi, kemacetan sudah mulai terjadi dan lebih meningkat dari hari-hari biasanya. Kemacetan masih kerap terjadi di seputaran Terminal Alang Alang Lebar (AAL) menuju daerah Pasar Talang Kelapa sampai ke Pasar Betung, termasuk pasar-pasar tradisional di Sungai Lilin dan sekitarnya.
Meski secara umum kondisi fisik jalan sudah bagus, masih banyak juga yang berlubang dan bergelombang, seperti Desa Lubuk Betung dan Lubuk Karet, Kabupaten Banyuasin. Begitu juga jumlah kendaraan yang melintas, sudah mengalami peningkatan. Namun, kondisi arus mudik masih relatif normal dan lancar terkendali.
Untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama arus mudik, Kapolda Sumsel Irjen Pol Dikdik Mulyana Arif Mansyur, kemarin sekitar pukul 10.00–14.00 WIB, melakukan pemantauan melalui udara dengan helikopter polisi.
Bahkan, Kapolda turun langsung dan melihat dari dekat kesiapan petugas di Pos pelayanan Operasi Ketupat 2011 Kecamatan Sungai Lilin, Polres Musi Banyuasin (Muba) dan Pos PAM Pasar Sungai Lilin, Kabupaten Muba.Terakhir, Kapolda beserta rombongan memantau Posko terpadu angkutan Lebaran 2011 di Terminal AAL Palembang.
“Alhamdulillah, dari data yang ada, pada H-3 ini kondisi kamtibmas di Sumsel masih relatif aman terkendali. Walaupun ada hanya kasus kriminalitas kecil dan tidak menonjol. Termasuk, volume kendaraan arus mudik yang saya pantau langsung dari udara, kondisinya masih lancar terkendali,” kata Dikdik kepada wartawan.
Kendati arus mudik masih aman terkendali, Dikdik tetap mengingatkan para anggotanya yang bertugas di lapangan, khususnya di pos pelayanan dan pengamanan agar tetap meningkatkan pengawasan dan pelayanan sesuai tugas dan fungsi masing-masing. ”Saya lihat tadi para anggota di lapangan yang dibantu dinas terkait seperti TNI, PBK, Dishub, Dinkes dan lainnya masih dalam keadaan prima dan siap mengantisipasi dan memberikan pelayanan terbaik,” tandas mantan Kapolda Kepri itu.(*)
Penulis: Syamsul Fikri/4LE (081273333497-07113293420)
Kategori:SUMATERA SELATAN
%d blogger menyukai ini: