Beranda > OLAHRAGA & SENI > SUMSEL Bidik Medali Emas

SUMSEL Bidik Medali Emas

28 Agustus 2011

DUA petembak Sumatera Selatan (Sumsel) yang memperkuat kontingen Indonesia di 35th South East Asia Shooting Championship (SEASA) 2011 di Vientiane, Laos, membidik medali sebagai pembuktian. Keduanya, Rachma Saraswati dan Rachma Inda Saputri. Pada SEASA kali ini Saraswati bertekad memperbaiki hasil yang dicapainya pada SEASA sebelumnya di Jakarta. Saat itu Saras –sapaannya– sukses mencatatkan dua medali perak di nomor 50 meter sport rifle prone individual dan team.

Kala itu hasil tembakan Saras hanya berselisih dua poin dari pemegang medali emas Than Than Saw dari Myanmar yang mengumpulkan poin 586. Sementara di nomor 50 meter sport rifle prone team, total poin Saras, Maharani Ardy dan Erlinawati hanya terpaut satu angka di bawah peraih medali emas, yakni tim Vietnam yang mencatatkan total 1.744 poin.
“Yang pasti untuk pribadi, saya ingin memperbaiki skor dan capaian tahun lalu. Sementara target kontingen ya sebisa mungkin menjadi yang terbaik,” ujar Saras kemarin sore.
Saras yang harus menerima kenyataan tercoret dari tim SEA Games XXVI menyatakan, kesempatan ini tidak akan disia-siakannya begitu saja. Sebab, dengan meraih hasil bagus di kejuaraan ini, bukan tidak mungkin pintu masuk ke tim SEA Games terbuka kembali.
Apalagi, dari informasi yang diperolehnya, pada SEASA ke-35 ini dimanfaatkan atlet-atlet SEA Games beberapa negara sebagai ajang pemanasan sebelum turun di pesta olahraga bangsabangsa Asia Tenggara itu. “Mudah-mudahan bisa tercapai. Sebab, saya sendiri masih punya keyakinan, kemampuan saya bisa membantu tim meraih hasil terbaik,” kata CPNS Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel ini.
Sementara bagi Rachma Inda Saputri, turun di SEASA kali ini akan dimanfaatkannya untuk menunjukkan kemampuannya tidak kalah dengan skuad tim inti SEA Games Indonesia. Meski masih berada di tingkat junior, dia yakin mampu menyaingi para senior.
“Kita lihat saja hasilnya nanti. Yang pasti, saya ingin meraih hasil terbaik (juara) di SEASA ini. Sebab, pada SEASA tahun lalu saya tidak bisa tampil maksimal karena sakit,” tutur peraih medali perak Kejurnas Menembak Kapolri Cup 2011 di nomor air rifle team itu.
Sementara pelatih menembak nasional asal Sumsel Kuncung Sudiono menyatakan, atlet yang diberangkatkan mengikuti SEASA ke-35 di Laos nanti sebanyak 17 orang. Kontingen Indonesia akan berangkat pada 2 September 2011 dari Jakarta. “Tanggal 1 September sudah harus kumpul di Jakarta untuk briefing dan persiapan administrasi segala macam,” ujar Kuncung.
Lebih lanjut Kuncung menyatakan, peluang atlet Indonesia berprestasi di SEASA kali ini cukup terbuka. Pasalnya, beberapa negara ASEAN hanya mengirim lapis kedua karena tim inti mereka sedang menjalani pemusatan latihan menjelang SEA Games XXVI.
“Seperti halnya Indonesia, tim inti untuk SEA Games sedang pemusatan latihan di Beijing, Cina. Dengan demikian, yang dikirim nanti merupakan atlet lapis kedua yang didominasi para junior.  Pastinya bakal seru nanti,” tutur Kuncung.
Mengenai kondisi dua petembak Sumsel yang turun di SEASA ke-35 ini, Kuncung menyatakan tidak meragukan lagi kualitas keduanya. Saras dinilainya sudah matang dan kenyang pengalaman dan memiliki akurasi serta ketenangan yang baik. Sementara Rachma, meski masih junior, kemampuan dan konsentrasinya melebihi petembak di atasnya.

“Persiapan mereka juga baik. Latihan dilakukan secara rutin. Sejauh ini kondisi fisik mereka juga tidak ada masalah. Mudah-mudahan semua bisa terjaga sampai pertandingan selesai,” pungkas Kuncung.(*)

Penulis: Syamsul Fikri (081273333497-07113293420)

Kategori:OLAHRAGA & SENI
%d blogger menyukai ini: