Beranda > PALEMBANG > Pesta Kembang Api Warnai Pembukaan Sea Games

Pesta Kembang Api Warnai Pembukaan Sea Games

12 November 2011

SEA GAMES - Pesta kembang api mewarnai pembukaan pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara, SEA Games XXVI di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Jumat malam (11/11). Upacara pembukaan berlangsung megah dan spektakuler.

UPACARA pembukaan SEA Games XXVI/2011 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring tadi malam berlangsung megah dan monumental. SEA Games tahun ini dijadikan momentum kebangkitan bersama olahraga nasional. Menakjubkan! Kata-kata itu yang banyak terlontar dari para penonton opening ceremony SEA Games 2011 di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Jumat malam (11/11).

Wajar saja, pertunjukan yang ditampilkan di hadapan puluhan ribu penonton itu begitu memukau dan mampu menahan para penonton di tempatnya masing-masing. Meski hujan mengguyur di tengah acara, para penonton tetap setia menyaksikan tahap demi tahap acara. Termasuk ketika menyaksikan pesta kembang api yang spektakuler. Opening ceremony dimulai sekitar pukul 19.10 WIB ditandai dengan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta ibu negara, Ny Ani Yudhoyono.

SEA Games 2011 secara resmi dibuka oleh Presiden SBY pukul 21.12 WIB. Dalam sambutannya, Presiden mengucapkan syukur Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan SEA Games setelah menjadi tuan rumah pada perhelatan SEA Games 1979, 1987,dan 1997. “Harapan saya, para atlet bisa meraih prestasi tertinggi bukan untuk negaranya saja, tapi juga mengangkat prestasi olahraga kawasan ASEAN ke tingkat dunia,” ujar Presiden SBY.

Menurut Presiden SBY, ASEAN saat ini semakin dinamis dan menjadi kawasan yang diperhitungkan di dunia. Dia mengajak seluruh warga Asia Tenggara bersama mewujudkan kesinambungan ekonomi dan ketahanan kawasan. “Satu visi, satu identitas, dan satu komunitas untuk ASEAN. Ini momentum terbaik untuk bersama dan bangkit. Terima kasih kepada pihak yang penuh semangat dan energi untuk mewujudkan semua ini,”tutur Presiden SBY.

Presiden South East Asia Sport Council dan Ketua Inasoc 2011, Rita Subowo menyatakan bangga atas terselenggaranya SEA Games 2011 di Indonesia. Secara khusus, dia bahkan mengucapkan terima kasih kepada Sumatera Selatan (Sumsel) dan Jakarta atas semua persiapan yang telah dilakukan. “Apresiasi terbesar pantas disampaikan kepada Pemprov Sumsel dan Jakarta serta masyarakatnya atas kerja keras mewujudkan event ini.

Kami (Inasoc) akan berupaya memberikan pelayanan terbaik agar event ini berjalan sukses,” ujar Rita. Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menegaskan, dengan opening ceremony ini, Palembang dan Jakarta sudah siap menyelenggarakan SEA Games XXVI. Dia mengaku bangga atas kebersamaan bangsa Indonesia hingga bisa merealisasikan event yang sejak awal diragukan banyak pihak. “Indonesia sangat siap. Tidak ada yang perlu diragukan lagi,”kata Andi.

Andi berharap pelaksanaan SEA Games kali ini bisa menjadi wahana pemersatu bangsa Asia Tenggara bukan hanya di bidang olahraga, melainkan di semua bidang.Karena itu, dia meminta para atlet bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas. Sedangkan para wasit juga bekerja secara profesional agar menghasilkan pertandingan yang berkualitas. Kejutan opening ceremony ini diawali dengan pertunjukan kembang api selama kurang lebih 3 menit untuk mengawali rangkaian acara.

Secara berurutan, berbagai pertunjukan tarian yang menampilkan kejayaan Kerajaan Sriwijaya ditampilkan oleh ribuan penari asal Sumsel.Terlebih lagi ketika pada tarian kolosal The Golden Peninsula yang menggunakan properti kapal perang kerajaan menyusur ke tengah lapangan. Diiringi permainan tata lampu dan sinar laser yang apik, penampilan para penari tersebut begitu apik.

Gelar seni dan budaya tersebut diiringi tiga penyanyi berbakat Asia Tenggara yaitu Agnes Monica (Indonesia), Jaclyn Victor (Malaysia), dan KC Konception (Filipina) yang membawakan theme song SEA Games XXVI, Kita Bisa, karya Yovie Widiyanto. Meski diiringi hujan gerimis, prosesi pengibaran bendera SEA Games dan penyalaan api SEA Games di kaldron utama berlangsung khidmat.

Mantan atlet andalan Indonesia,Robby Darwis(sepakbola),PinoBahari (tinju), Richard Sanbera (renang), Juwana Wangsa Putri (taekwondo),dan Winarni (angkat besi) membawa bendera SEA Games dan dikibarkan di samping kaldron api utama. Untuk pembawa obor, dikerahkan atlet terbaik yang dimiliki Indonesia seperti Abbas Akbar, Nurhasanah, Purnomo, Hasan Basri, Alan Budikusuma, dan Yayuk Basuki.

Peraih medali emas Olimpiade bulutangkis, Susi Susanti, mendapat kehormatan menjadi penyala obor. Susi yang diangkat mengenakan sling terbang mengarah kaldron dan melemparkan tombak yang telah disulut api tepat pukul 21.30 WIB. Opening ceremony SEA Games XXVI dilanjutkan dengan pembacaan janji atlet dan wasit yang dibawakan Dedeh Erawati (atletik) dan Eko Sunarko (wasit tenis lapangan). Rangkaian acara spektakuler tadi malam ditutup dengan penampilan Joy Tobing yang membawakan lagu karya Presiden SBY berjudul Together We Can Rise.(*)

Penulis: Syamsul Fikri (085273231111)

Kategori:PALEMBANG
%d blogger menyukai ini: