Beranda > OLAHRAGA & SENI > Franklin Tercepat di Asia Tenggara

Franklin Tercepat di Asia Tenggara

14 November 2011

ATLETIK - Franklin Ramses Burumi mengukuhkan diri sebagai manusia tercepat di Asia Tenggara saat ini. Setelah merebut emas 100 meter putra, Franklin melengkapinya dengan emas 200 meter pada SEA Games XXVI/2011, di Jakabaring Palembang.

FRANKLIN Ramses Burumi mengukuhkan diri sebagai manusia tercepat di Asia Tenggara saat ini. Setelah merebut emas 100 meter putra, Franklin melengkapinya dengan emas 200 meter pada SEA Games XXVI/2011, di Jakabaring Palembang.

Keberhasilan Franklin mempertahankan prestasi Indonesia yang selalu berhasil melahirkan sprinter handal seperti M Sarengat, Purnomo Yudhi, Mardi Lestari Suryo Agung Wibowo. Dua emas dari Franklin mempertahankan pencapaian sama oleh Suryo Agung yang juga mendulang emas pada nomor 100 meter dan 200 meter putra pada SEA Games 2007 dan 2009.

“Saya bahagia sekali karena apa yang saya lakukan tidak siasia. Latihan yang selama ini dilakukan dan doa serta dukungan kedua orang tua dan orang terdekat saya semua terkabul hari ini,” ucap Franklin di Stadion Atletik, Jakabaring Palembang, kemarin.

Bukan hanya meraih medali emas yang membuatnya bahagia, Franklin juga senang karena bisa memperbaiki catatan waktu pribadinya menjadi 20,93 detik di nomor 200 meter. Apalagi prestasi ini diraihnya dalam kondisi belum pulih dari cedera. “Catatan waktu saya sebelumnya 21,27 tahun 2010 dan akhirnya bisa dipecahkan di 2011 ini. Saya bersyukur dan mempersembahkan kemenangan ini kepada orang-orang yang tidak pernah berhenti mempercayai dan mendukung saya,” katanya.

Selain Franklin, Triyaningsih juga berhasil menyumbangkan dua emas dari lintasan lari. Pada perlombaan yang digelar tadi malam, Triyaningsih merebut emas nomor 5.000 meter putri. Hasil tersebut membuat atlet kelahiran Semarang itu sukses mengawinkan gelar dengan nomor 10.000 meter yang diraihnya, Sabtu (12/11). ‘’Kemenangan ini untuk masyarakat Indonesia, pengurus PASI, pelatih,dan orang tua saya yang datang untuk memberikan dukungan,” ujarnya.

Meski telah meraih medali emas di nomor 5.000 dan 10.000 meter SEA Games XXVI,Triyaningsih belum mau berhenti memburu prestasi. Dia masih membidik satu medali emas lagi di nomor maraton yang akan diselenggarakan Rabu (16/11).  “Di maraton insya Allah bisa (dapat) emas lagi. Yang pasti besok (hari ini) fokus ke recovery dengan lebih banyak istirahat,” tuturnya.

Di luar atletik, emas untuk kontingen Indonesia terus berdatangan dari berbagai venue di Palembang.Kejutan datang dari sepatu roda yang kembali menyapu bersih perolehan medali, Senin (14/11). Tim sepatu roda Indonesia sukses menyabet empat medali emas dan empat medali perak. Raihan itu berasal dari nomor 500 meter putri dan 500 meter putra, 10.000 meter putri, dan 10.000 meter putra. Bergeser ke venue panjat tebing, kemarin atlet Indonesia kembali menambah pundi medali emas dengan menyabet dua gelar terbaik di nomor speed track.

Selanjutnya cabang menembak berhasil menambah perolehan medali emas melalui atlet putri asal Sumsel, Maharani Ardy, di nomor 50 meter rifle prone. Sementara dari venue aquatik, renang menyabet 1 medali emas, 3 perak,dan 1 perunggu. Medali emas diraih I Gede Siman Sudartawa di nomor 200 meter gaya punggung. Mencatatkan waktu 2:02,44, Siman sukses mengungguli catatan waktu dua perenang Singapura yang berada di posisi kedua dan ketiga. Pada klasemen perolehan medali secara keseluruhan hingga pukul 24.00 WIB, kontingen Indonesia masih memimpin dengan 60 emas, 48 perak, dan 37 perunggu.Thailand menempel di peringkat kedua dengan 35 emas, 27 perak dan 35 perunggu.(*)

Penulis: Syamsul Fikri (085273231111)

Kategori:OLAHRAGA & SENI
%d blogger menyukai ini: