Beranda > OLAHRAGA & SENI > Indonesia Singkirkan Thailand

Indonesia Singkirkan Thailand

14 November 2011

Timnas Indonesia meraih satu tiket ke semifinal SEA Games 2011. Itu setelah tim Garuda muda mampu mengumpulkan sembilan poin dari tiga pertandingan di Grup A, setelah mengalahkan Thailand 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, kemarin malam.

TIM Indonesia meraih satu tiket ke semifinal SEA Games 2011. Itu setelah tim Garuda muda mampu mengumpulkan sembilan poin dari tiga pertandingan di Grup A. Kepastian anak asuh Rahmad Darmawan itu diraih setelah mengalahkan Thailand 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, kemarin malam, meski saat ini masih menyisakan satu pertandingan melawan Malaysia. Pada dua pertandingan sebelumnya, Garuda Muda itu mampu mengalahkan Kamboja dengan skor telak 6-0 dan menang atas Singapura dengan skor 2-0.

“Pertandingan semifinal jelas akan lebih berat. Tapi dengan pengalaman melawan Thailand, kekurangan tim masih bisa diperbaiki,” tegas Pelatih Timnas Indonesia, Rahmad Darmawan, usai pertandingan.

Menurutnya, setelah melawan Thailand masih ada pertandingan penyisihan yang harus dilalui timnas yaitu melawan Malaysia. Pertandingan itu juga akan menentukan apakah Indonesia menjadi juara grup A atau “runner up”. Menurut Rahmad Darmawan, pihaknya akan tetap menginstruksikan kepada pemain untuk bermain terbuka guna memenangkan pertandingan. ”Kami tetap membidik juara grup. Setelah itu baru memikirkan lawan yang akan kami hadapi di semifinal,” katanya.

Berdasarkan  jadwal, pertandingan melawan Malaysia akan dilakukan Kamis (17/11). Setelah istirahat satu hari, Egi Melgiansyah dan kawan-kawan harus menjalani pertandingan semifinal, Sabtu (19/11). Pada laga semifinal nanti, Indonesia kemungkinan besar akan menghadapi Vietnam atau Myanmar. Hanya saja hingga saat ini belum diketahui siapa lawan pastinya karena posisi Indonesia di Grup A belum pasti.

Saat menghadapi Thailand, Rahmad Darmawan yang juga mantan pelatih Sriwijaya FC itu mengaku, anak asuhnya sempat tertekan meski lawan bermain dengan sembilan orang. Apalagi pertandingan ditonton ribuan suporter fanatik Timnas Indonesia. Kondisi itu, kata dia, akan kembali terjadi pada babak semifinal. Untuk itu pihaknya akan berupaya keras memperbaiki mental pemain agar bisa bermain dengan tenang.

Satu tiket sisa dari grup itu kini akan diperebutkan oleh Singapura dan Malaysia, yang kemarin juga memetik kemenangan 4-1 atas Kamboja. Dalam persaingan berebut tiket sisa, Malaysia lebih berpeluang atau ada di atas angin karena memiliki poin tujuh, lebih banyak tiga dari Singapura dengan kedua tim masih memiliki satu laga sisa. Walhasil, untuk bisa lolos Singapura kini mesti berusaha sekuat tenaga menang besar di laga terakhirnya kontra Thailand, agar selisih golnya bisa lebih baik dari Malaysia. Itupun akan percuma jika saja Malaysia berimbang atau menang lawan Indonesia.

Di grup B, Vietnam dan Myanmar sama-sama memastikan lolos ke semifinal. Keduanya kini tinggal berebut posisi juara grup saja. Tiket tersebut dipastikan menyusul hasil matchday ke 4, Minggu (13/11), di mana Myanmar melumat Filipina 5-0 dan kemudian Laos membungkam Timor Leste 3-0. Kedua laga itu sendiri dihelat di Stadion Lebak Bulus, Jakarta. Dengan hasil tersebut, Vietnam dan Myanmar kini menempati dua posisi teratas Grup B dengan poin setara, 10 poin. Mengingat semua tim di grup ini tinggal menyisakan satu partai lagi, keduanya pun tidak lagi dapat dikejar oleh Timor Leste (6 poin), Laos (4 poin), Filipina (3 poin) dan Brunei (1 poin). Walhasil, Vietnam dan Myanmar tinggal memastikan posisi juara grup saja di laga terakhirnya nanti.

Penulis: Syamsul Fikri (085273231111)

Kategori:OLAHRAGA & SENI
%d blogger menyukai ini: