Beranda > OGAN KOMERING ILIR (OKI) > Kejati Didesak Usut Proyek Jamnas IX 2011

Kejati Didesak Usut Proyek Jamnas IX 2011

22 Desember 2011

PULUHAN massa yang tergabung dalam Aliansi Anti-Perampok Negara (A2PN) Sumatera Selatan mendemo Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel kemarin. Mereka mendesak Kejati mengusut proyek pada Jambore Nasional (Jamnas) IX tahun 2011.

Koordinator aksi A2PN Ekky Syahrudin menyatakan, Kejati harus mengusut indikasi adanya penyimpangan dalam pelaksanaan Jambore Nasional IX 2011. “Selaku pihak yang concern atas masalah korupsi, kami harap Kejati bisa periksa mereka yang terlibat,” ujarnya di sela-sela orasi di halaman Kejati Sumsel kemarin.

Menurut Ekky, dia berpijak berdasarkan PP No 71/2000 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi serta Peraturan Pemerintah No 68/1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara.
“Kami minta diusut, indikasikerugianbisacapai Rp5,5 miliar pada pelaksanaan kegiatan Jambore Nasional IX 2011 di Danau Teluk Gelam,OKI, 2–9 Juli 2011,terkait Pengadaan Konsumsi Peserta Jamnas dari APBN Rp9,2 miliar,” ungkapnya.

Selain itu,pihaknya menyoal pelaksanaan kegiatan konsumsi Pinkonda dan Bindamping Jamnas senilai Rp1,10 miliar dari pos APBN Rp1,29 miliar,dan kegiatan konsumsi panitia Jamnas senilai Rp1,08 miliar dari APBN Rp2,71 miliar. “Kami harap dilakukan penyelidikan dan penegakan hukum,” imbuhnya.

Dia mengatakan, gelora reformasi yang dikumandangkan seharusnya menjadikan perubahan yang lebih baik.Penegakan hukum harus berjalan semestinya, jangan sampai hukum justru dijadikan suatu permainan oleh aparatur pemerintahan. “Kami nilai masih lemahnya penegakan hukum yang dilakukan aparatur hukum. Jadi, harapan rakyat untuk mendapatkan keadilan justru dalam ketidakpastian, terutama penegakan hukum bagi para koruptor,” ujarnya.

Asisten Intelijen (Asintel) Kejati Sumsel Martinus mengatakan, aspirasi A2PN segera disampaikan pada pimpinan Kejati Sumsel.(*)

Penlis : Syamsul Fikri/085273231111

Dikutif dari Seputar Indonesia

%d blogger menyukai ini: