Beranda > LAHAT > Bursah Incar Posisi Bupati Lahat

Bursah Incar Posisi Bupati Lahat

15 Januari 2012

TAHAPAN Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lahat masih cukup lama. Rencananya, baru akan bergulir Oktober 2013 mendatang. Akan tetapi, nama-nama yang mengincar posisi Lahat 1 (bupati) sudah bermunculan.

Salah satunya Bursah Zarnubi, yang bakal diusung koalisi Partai Bintang Reformasi (PBR) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Sikap kedua partai yang mengusung calon sendiri di nilai cukup berani, mengingat incumbent mengisyaratkan untuk kembali maju pada pilkada mendatang. Optimistis untuk mampu merebut suara pemilih ditegaskan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBR Sumsel Fauzih H Amro.

Menurutnya, rencana koalisi dengan partai berlambang matahari itu merupakan hasil keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN beberapa waktu lalu. “Kita menyambut baik hal (koalisi) ini. Insya Allah, kita tetap bersama selama proses pemilihan bupati serta pilpres mendatang. Kans kita untuk menang cukup besar, makanya kita berani memunculkan nama Ketua Umum (PBR) Bursah Zarnubi sebagai bakal calon Bupati Lahat,” jelas Fauzi seusai Silaturahmi Kader PAN dan PBR di Lahat, kemarin.

Dengan bersatunya partai berlambang Ka’bah tersebut, berarti struktur partai siap dileburkan. Terlebih lagi, saat ini, 85 anggota Dewan di legislatif di tingkat provinsi, dinilai cukup mumpuni untuk merebut suara. “Kursi kita nomor dua terbanyak setelah Partai Golkar. Makanya, kita siap bersaing dengan incumbent,” ujarnya.

Hal senada ditegaskan Ketua DPD PAN Lahat Nico Fransisko. Dirinya menilai, hasil evaluasi selama Pilkada Lahat dan Pilpres lalu, baik PAN maupun PBR memperoleh suara yang hampir sama. Kendati kantong suara belum terlalu merata, hal itu membuktikan bahwa PAN masih tetap mendapatkan tempat di tengah masyarakat Lahat.

“Kita akui, di daerah pemilihan (Dapil) tertentu, kita kuat.  Ditambah lagi hasil Rakernas PAN diputuskan bahwa kita siap melebur dengan PBR untuk mengusung calon kita sendiri,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PBR Bursah Zarnubi menilai pencalonannya ini semata-mata hanya panggilan hati nurani yang diterima dari masyarakat Kabupaten Lahat. Menurutnya, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, banyak masyarakat yang memintanya kembali ke daerah. Sebab, banyak problem pembangunan yang belum sempat direalisasikan Pemkab Lahat saat ini. Keputusan berani menggandeng PAN dianggap Bursah sebagai terobosan baru.

Menurutnya, antara PAN dan partai yang membesarkan namanya tersebut memiliki persepsi yang sama, mulai dari konsolidasi, strategi hingga konsep untuk bangsa yang berdaulat dan mandiri. “Kita terbuka terhadap partai mana saja yang ingin bergabung. Bahkan, Partai Barisan Nasional (Barnas) pun siap berjalan bersama kita. Yang jelas, kita tidak khawatir jika ke depannya terjadi perpecahan. Saya tidak terpikir sampai di situ. Justru dengan keanekaragaman, memperkuat konstelasi politik nasional,” tegasnya.

Tokoh nasional sekaligus putra daerah Sumsel, Anwar Fuadi yang turut hadir dalam silaturahmi kedua partai besar tersebut, juga ikut bersuara. Mantan Ketua PARFI ini secara total mendukung pencalonan Bursah yang dianggap sangat kapabel untuk memimpin Lahat. “Beliau memiliki kemampuan membawa rakyat ke gerbang kemakmuran,” ujarnya.(*)

Penulis : Syamsul Fikri (085279516664)

Dikutif dari Seputar Indonesia

Kategori:LAHAT
%d blogger menyukai ini: